Sabtu, 17 Maret 2012

Pempek Lenjer

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang dimakan dengan kuah yang biasa disebut dengan "cuko".

Di Palembang sendiri makanan yang dimakan dengan menggunakan kuah "cuko" sering disebut dengan pempek. Kalau yang berbahan baku tepung terigu dan telur disebut pempek gandum, ada juga pempek dos pempek dengan bahan baku tepung sagu (kanji) dan yang familiar dikenal orang awam pempek yang berbahan baku dari ikan.
Tapi sekarang ada juga pempek yang berbahan baku dari udang, cumi dan lain-lain.

Nahhh resep pempek ini merupakan resep pempek dengan bahan baku ikan.
Resep ini hasil ujicobaku sendiri setelah beberapa kali mencoba berbagai resep dari teman, nenekku, ibuku dll resep ini yang paling pas untuk selera keluargaku :)

Selamat mencoba...




Bahan:

- 1 kg ikan gabus giling
- air secukupnya
- 500 gr tepung sagu (kanji) secukupnya
- garam 2 sdm
- gula 1 sdm pengganti vetsin

Cara membuat:

- ikan giling di takar di mangkok kalau misal ikan 1 kg jadi 2 mangkok maka air yang akan kita gunakan juga 2 mangkok seperti yang kita gunakan untuk menakar daging ikan tadi.
- masukkan ikan giling dan 1 mangkok air aduk sampai rata
- setelah tercampur rata baru masukkan sisa air dimangkok yang kedua yang juga sudah kita larutkan garam dan gula kedalam air tersebut.
- aduk kembali sampai ikan dan air benar-benar tercampur rata dan menyatu.
- setelah ikan tercampur rata dan menyatu baru masukkan tepung sagu (kanji) kedalam adonan ikan tadi sedikit demi sedikit karena tepung ini disesuaikan dengan kandungan air di dalam ikan (kalau daging ikan diinapkan di lemari es maka tepung yg digunakan juga akan semakin banyak)
- campur rata tepung dan adonan ikan tadi sampai rata (mengaduknya bukan seperti mengaduk tepung untuk membuat roti tidak boleh banyak diuleni nanti akan kejal) campur tepung sampai adonan tidak terlalu lengket dan benyek (kira2 ngerti nggak yaaaa arti benyek :D )
- baluri telapak tangan dengan tepung sagu (kanji) ambil lebih kurang 100 gr adonan bentuk bulat memanjang diatas alas atau damparan.
- rebus kedalam air mendidih yang sudah diberi sedikit minyak sayur
- kalau sudah mengapung berarti pempeknya sudah masak
- angkat dan siap disantap :)

Rahasia Nadia Meutia, 7 tips membangun bisnis online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar